Kontrol Dan Navigasi Mouse Di AutoCAD

Kontrol Dan Navigasi Mouse - Sebelum memulai menggambar dengan aplikasi AutoCAD, terlebih dahulu kita harus mengetahui kontrol dan navigasi untuk mempermudah pekerjaan. Mulai dari AutoCAD terdahulu hingga yang terbaru saat ini, sistem navigasi dan kontrol tidak mengalami perubahan yang signifikan, sehingga anda tidak perlu khawatir untuk menggunakan versi apapun dari aplikasi AutoCAD.

Kontrol Mouse

Kiri mouse berguna untuk melakukan seleksi dan menghilangkan seleksi pada objek. Dari kiri ke kanan hanya melakukan seleksi objek yang terseleksi sepenuhnya. Sedangkan dari kiri ke kanan dapat melakukan seleksi objek walaupun tidak terseleksi sepenuhnya.

Gambar di atas merupakan seleksi AutoCAD dari kiri ke kanan. Terlihat dengan jelas objek lingkaran terseleksi sedangkan objek rectangle tidak terseleksi. Hal ini dikarenakan objek rectangle tidak terseleksi sepenuhnya dengan cursor mouse.

Berbeda jika dari kanan ke kiri, kedua objek terseleksi walaupun tidak sepenuhnya terseleksi dengan kursor mouse. Untuk menghilangkan seleksi pada objek, anda hanya perlu menekan tombol shift pada keyboard, tahan dan kemudian pilih objek yang ingin dihilangkan seleksinya.

Kanan mouse berguna untuk memberikan beberapa pilihan perintah editing untuk mempermudah anda melakukan pekerjaan di AutoCAD. Ketika anda sedang tidak melakukan seleksi pada objek, klik kanan hanya akan menampilkan pilihan perintah yang digunakan sebelumnya dan sistem navigasi untuk gambar kerja.

Sedangkan ketika anda sedang melakukan seleksi objek, klik kanan akan memberikan beberapa perintah yang dapat digunakan untuk melakukan editing pada objek.

Saya pun lebih sering menggunakan pilihan Isolate yang digunakan untuk melakukan hide objek untuk sementara.

Middle Mouse, dapat digunakan untuk melakukan zoom in dan zoom out atau memperbesar dan memperkecil tampilan gambar dengan cara memutar roda mouse ke atas dan bawah. Jika anda menekan middle mouse, maka secara otomatis akan mengaktifkan perintah pan yang berfungsi untuk menggeser area gambar ke segala arah, dimana kursor akan berubah menjadi gambar tangan.

Sedangkan jika anda melakukan kombinasi dengan menekan tombol shift (tahan) kemudian menekan middle mouse, akan mengaktifkan perintah orbit yang berguna untuk memutar objek kerja.

No comments:

Post a Comment