Fungsi Units pada AutoCAD

Banyak para user AutoCAD yang salah mengartikan penggunakan perintah Units, terutama sekali bagi mereka yang baru mengoperasikannya. Kesalahan terbesar adalah ketika anda mengartikan bahwa perintah units digunakan untuk merubah satuan lembar kerja AutoCAD. Apakah itu benar? kita akan membahasnya disini.

Secara konseptual, perintah Units digunakan untuk menentukan mode output penggambaran pada layar kerja AutoCAD. Mode output ini terdiri dari 2 settingan yang berbeda: Length dan Angle.

Lenght
Length terdiri dari berbagai jenis mode output yang dapat digunakan, mulai dari decimal, architectural, engineering, fractional dan scientific. Namun yang sering digunakan yaitu dalam mode decimal dan architectural.

Angle
Angle terdiri dari beberapa jenis mode output seperti decimal degrees, deg/min/sec, grads, radians, dan surveyor units. Decimal degrees merupakan mode output yang sering digunakan.

Berikut fungsi penerapan length dan angle
Ibaratkan anda akan menggambar garis dengan panjang 7 dan kemiringan 45 derajat
Jika anda memilih Length (Type: Decimal, Precision: 0.0) dan Angle (Type; Decimal Degrees, Precision 0), maka anda dapat menuliskan sebagai berikut:

Ketik l (enter)
Lalu masukkan output angkanya: 7.0<45 (7.0 < output Length dan 45 < output angle)
Sedangakan jika anda memilih Length (Type: Architectural, Precision; 0′-0″) dan Angle (type: Decimal Degrees, Precision; 0), maka anda dapat menuliskan sebagai berikut:

Ketik l (enter)
Lalu masukkan output angkanya: 7″<45.0″ (7″ < output lenght dan 45.0″ < output angle)
Jadi sebelum melakukan penggambaran di layar kerja, pastikan anda memilih output length dan angle sesuai dengan kebutuhan. Jangan anda menggunakan type Architectural namun menggunakan output decimal dalam penggambaran.

Insertion Scale
Insertion scale sering diartikan salah bagi beberapa pengguna AutoCAD, dimana mereka lebih beranggapan bahwa Insertion Scale digunakan untuk merubah ukuran lembar kerja AutoCAD. Faktanya; Insertion scale itu hanya digunakan untuk melakukan perubahan scale objek atau konten yang dimasukkan kedalam layar kerja.
Seperti contoh anda menggunakan insertion scale dengan units mm (milimeter), ketika anda mempunyai block dengan ukuran inche dan akan dimasukkan ke dalam layar kerja, maka secara otomatis satuan inche pada block tersebut akan diubah menjadi mm.
Jadi pada intinya Insertion scale hanya berfungsi untuk merubah scale gambar, block dan sejenisnya yang dimasukkan ke dalam lembar kerja AutoCAD. Dan bukan merubah ukuran lembar kerja.

Lighting
Lighting ini lebih condong penggunaannya untuk mengatur mode intensitas cahaya dalam beberapa pilihan seperti international, American dan Generic. Fungsi ini biasanya sering digunakan pada desain 3D dalam mode rendering.

No comments:

Post a Comment