Memulai Dengan Microsoft Excel

Bab ini mengajarkan anda bagaimana memulai aplikasi excel dalam langkah-langkah sederhana. Dengan asumsi anda menginstalMicrosoft Office 2016 di PC/Laptop anda,

Langkah-langkah menjalankan aplikasi Microsoft Excel 2016 :
  1. Klik tombol Start
  2. Klik pada All Programs option dari menu
  3. Cari Excel 2016 dan klik
Maka akan terbuka jendela microsoft Excel seperti pada gambar dibawah.

Jelajahi Window di Excel

Jendela dasar berikut muncul saat anda menjalankan aplikasi Excel. Sekarang mari kita pahami berbagai bagian penting dari jendela ini.

  • File Tab
File Tab menggantikan tombol office dari Excel 2007. Anda bisa mengkliknya untuk memeriksa tampilan Backstage, menu ini akan diperlukan saat membuka atau menyimpan file, membuat lembar baru, mencetak lembaran, dan melakuka operasi terkait file lainnya.

  • Quick Access Toolbar
Anda akan menemukan toolbar ini tepat diatas File Tab dan tujuannya adalah untuk menyediakan tempat peristirahatan yang nyaman untuk perintah excel yang paling sering digunakan.Anda bisa mnyesuaikan toolbar ini berdasrkan kenyamanan anda.

  • Ribbon
Ribbon berisi perintah yang diatur dalam tiga komponen :
Tabs - Muncul dibagian atas Ribbon dan berisi kelompok perintah terkait. Home, Insert, Page Layout adalah contoh tab Ribbon
Groups - Mengatur perintah terkait ; setiap nama group muncul dibawah group pada Ribbon. Misalnya, kelompok perintah yang terkait dengan font atau kelompok perintah yang terkait dengan penyalarasan, dll.
Commands - Commands muncul dalam setiap kelompok seperti yang disebutkan diatas

No comments:

Post a Comment